Sabtu, 15 September 2012

Cara Mengobati Diabetes



Cara Mengobati Diabetes sangat bergantung pada jenis diabetes itu sendiri. Untuk Diabetes Mellitus (DM) tipe 1 berbeda dengan DM tipe 2. Untuk Diabetes tipe 1 mutlak harus menggunakan insulin, karena umumnya organ pankreas sudah mengalami kerusakan sehingga sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin. 

Jenisnya pun bermacam-macam. Berdasar waktu kerja dapat dibedakan menjadi Short Acting, Rapid Acting, Intermediate Acting, dan Long Acting. Ada juga Insulin campuran antara Short dan Intermediate Acting. Kesemuanya tentu harus dengan resep dan pemantauan dari dokter. Pertimbangan ini dilakukan mengingat efek samping dari insulin salah satunya  adalah Hipoglikemi yaitu gula darah rendah yang dapat mengakibatkan pingsan bahkan kematian. Maka penyuntikan pertama sebaiknya dilakukan di Rumah Sakit dengan pengawasan dokter sampai ditemukan dosis dan jenis insulin yang tepat.

Cara Mengobati Diabetes


Untuk diabetes tipe 2 dapat diobati dengan obat oral. Ada bermacam-macam obat diabetes oral seperti metformin dan glimepirid. Namun harus diperhatikan bahwa obat oral banyak yang bekerja dengan merangsang pankreas untuk mengeluarkan insulin. Efek jangka panjang, pankreas akan kelelahan karena dipaksa terus menerus mengeluarkan insulin sehingga lama-kelamaan akan mengalami kerusakan. Dengan pertimbangan tadi pemakaian insulin juga direkomendasikan untuk DM tipe 2 karena mengurangi beban pankreas dalam memproduksi insulin. Sayang kendala terbesar dari Cara Mengobati Diabetes model ini justru ada pada pasien yang tidak mau direpotkan dengan aktivitas penyuntikan dimana harus dilakukan setiap hari.

Memang ada alternative untuk pengobatan DM yaitu secara tradisional baik pijat maupun obat herbal. Ada yang berhasil maupun tidak, tentunya bergantung pada tipe dan keparahan pasien. Untuk DM tipe 2 memang lebih besar kemungkinan berhasil, karena secara umum pankreas masih sehat dan mampu memproduksi insulin meskipun tidak maksimal untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Artinya secara fungsional pankreas masih dapat diperbaiki dengan obat herbal maupun pemijatan refleksi misalnya sehingga dapat bekerja kembali dengan normal. Berbeda dengan pengobatan medis yang sekedar merangsang pankreas untuk memproduksi insulin tanpa memperbaiki fungsi pankreas itu sendiri. 

Untuk DM tipe 1 memang agak sulit disembuhkan, berbeda dengan tipe 2 yang harapan sembuhnya masih terbuka lebar terutama bagi penderita yang percaya dengan alternative. Namun usaha tetap harus dilakukan mengingat tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Perpaduan keduanya juga bukan hal tabu. Sembari menyuntik insulin usaha lain tetap berjalan seperti pijat refleksi, Obat Herbal, akupuntur atau yang lainnya. Jangan lupa diet ketat dan olahraga sambil berdoa tentunya agar penyakit dapat sembuh. Demikian Cara Mengobati Diabetes secara umum.