Minggu, 02 September 2012

Lima Hal Yang Memperparah Resiko Diabetes

Lima hal yang dapat memperparah derajat progresivitas dari penyakit diabetes :

1. Alkohol
Alkohol pada prosesnya itu sendiri adalah fermentasi dari gula. Alkohol bila diminum dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat, hal ini dikarenakan alkohol memiliki energi yang tinggi. Pastikan bagi para penderita diabetes untuk menghindari alkohol dari keseharian Anda.

2. Stres
Dalam keadaan tertekan, hormon-hormon stres di dalam tubuh akan meningkat dan memicu naiknya kadar gula di dalam darah. Bagi penderita diabetes yang sering mengalami stres, pastikan memiliki beberapa metode untuk mengurangi stres misal dengan latihan yoga yang akan membuat diri  serileks mungkin.



3. Merokok
Merokok dapat memperberat gangguan sirkulasi darah di daerah ujung-ujung tubuh misalnya jari kaki, sehingga dengan merokok dapat mempercepat proses pembentukan gangren bagi penderita diabetes bila mengalami luka.

4. Demam
Pada saat  demam akibat infeksi, metabolisme tubuh bekerja dengan cepat sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat, pastikan bagi penderita diabetes bila dalam keadaan demam untuk terus banyak makan dan minum dengan teratur bersamaan dengan obat yang telah dianjurkan oleh dokter.
5. Perjalanan jauh
Apabila bepergian dengan pesawat terbang dalam waktu panjang, apalagi melewati perubahan zona waktu akan menyebabkan pola makan  berubah. Pastikan  tetap makan dan mengkonsumsi obat dengan teratur agar gula darah tetap terkontrol dengan baik. Bila perlu atur jenis makanan yang baik untuk diabetes.