Rabu, 05 September 2012

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Kabar gembira bagi penderita diabetes mellitus tipe 2, karena ada beberapa makanan yang dibolehkan untuk penderita diabetes, tetapi tetap harus dikonsultasikan dengan dokter. Sebelumnya sudah dibahas pula beberapa makanan untuk diabetes antara lain Buah sukun , Kentang , Ubi jalar , Pare , Lidah Buaya , Labu Kuning , Labu Blingo , Leunca ,  Jambu Biji , Buncis ,  Kedelai , Belimbing Wuluh , Bengkoang , Bayam Merah , Mentimun , Jagung , Beras Organik.

Makanan Untuk Diabetes

Pada tulisan berikut ditambahkan koleksi makanan untuk diabetesi sehingga variasi menu masakan dapat lebih beragam. Plus keterangan singkat :

1. Blueberry : blueberry kaya akan serat, vitamin B & C dan antosianin, sangat bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah infeksi , dapat mencegah kanker kolon serta dapat mencegah penurunan daya pikir.

2. Biji Rami : bentuknya seperti biji wijen dan kaya akan asam lemak omega-3. biji rami dapat menurunkan kolesterol darah dan memperlambat penyerapan glukosa.

3. Oat : oat mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan jantung dan dapat memperlambat penyerapan zat tepung yang dapat mencegah peningkatan glukosa darah.

4. Paprika : paprika mengandung beta-karoten dan vitamin C yang membentuk antioksidan sehingga dapat mencegah kanker. selain itu, mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat mengurangi kadar homosistein (pemicu serangan jantung dan stroke).

5. Bayam : bayam mengandung vitamin C, karoten, kalsium, serat, lutein serta vitamin E. sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, penyakit kardiovaskular, kanker kolon, artritis, dll.

6. Walmut : walmut mengandung omega 3 yang sangat bermanfaat untuk melindungi kardiovaskular tubuh, mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengurangi resistensi insulin. walmut juga sangat baik untuk penderita asma, artritis rematoid, eksema dan psoriasis.

7. Tahu : tahu mengandung protein kedelai yang sangat baik bagi kesehatan jantung. protein yang terkandung pada tahu dapat menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah kita.

8. Ikan Salmon : asam lemak omega 3, selenium, protein, niasin, dan vitamin B12 yang terkandung pada ikan salmon dapat mengurangi perkembangan aterosklerosis bagi penderita diabetes yang telah menopaus.

9. Polong-polongan : polong-polongan mengandung serat, asam float,zat besi, potasium, saponin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker. misalnya kacang merah, kacang hitam,dll.

10. Yogurt : yogurt yang rendah lemak / tanpa lemak dapat meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi kolesterol dan menjaga kepadatan tulang karena kaya kalsium.
semoga bermanfaat.