Minggu, 29 Juli 2012

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan untuk diabetes memiliki peranan yang tidak dapat diabaikan. Menurunkan kadar gula darah secara alami selain bisa menggunakan tanaman obat yang dibuat sendiri atau dengan cara membeli  bisa juga memanfaatkan buah, sayuran dan beras organik.  Dari hasil penelitian ternyata berberapa macam tanaman pangan bisa  berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Hal ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi penderita DM dan juga bisa menjadi jalan keluar untuk menikmati makanan lezat,  aman dan menyehatkan.



Semua jenis sayuran baik yang berbentuk daun, bunga, buah, maupun umbi bila dikonsumsi akan menyehatkan karena rata-rata mempunyai kandungan gizi tinggi dan vitamin A,C maupun E.
Agar menu masakan yang akan dinikmati sesuai dengan  kebutuhan dan kondisi kesehatan maka harus memilih sayur-sayuran yang berkhasiat obat khususnya menurunkan kadar gula darah. Setidaknya perlu mempertimbangkan sayuran mana yang bisa menaikkan dan menurunkan tekanan darah. Selain itu perlu dipertimbangkan  pula sayuran mana yang bisa mempengaruhi kadar asam urat atau mungkin pula bisa mengganggu maag dan pencernaan misalnya cabe dan belimbing wuluh.

Berikut ini aneka buah dan sayuran yang bisa dimanfatkan untuk bahan masakan atau setidaknya bisa dijadikan bumbu masakan yang aman bagi penderita DM : Buah sukun , Kentang , Ubi jalar , Pare , Lidah Buaya , Labu Kuning , Labu Blingo , Leunca ,  Jambu Biji , Buncis ,  Kedelai , Belimbing Wuluh , Bengkoang , Bayam Merah , Mentimun , Jagung , Beras Organik.